Cara Membersihkan Dot Bayi dengan Benar dan Steril

Portwarta-Cara Membersihkan Dot Bayi dengan Benar dan Steril, artikel dengan judul tersebut lah yang bisa saya sharing kepada para pembaca, baik bunda atau yang lainnya juga boleh untuk pengetahuan dan agar bisa sharing dengan keluarga. Untuk bayi memang harus lebih waspada untuk segi kebersihan apalagi yang setiap hari digunakan. Tidak usah terlalu banyak penjelasan, langsung saja simak artikel berikut.


Cara Mencuci Dot Bayi:
1. Cuci botol susu bayi dengan segera, setelah digunakan.
Setelah Anda selesai memberi susu kepada bayi Anda, segera cucilah botol di bak cuci dapur. Cara ini akan mencegah susu lama atau kotoran terakumulasi di dalam botol, namun Anda dapat mencuci botol dengan lebih detil lagi nanti, ketika Anda memiliki waktu. Cobalah menggunakan air panas ketika mencuci botol tersebut, karena air panas membersihkan botol dengan lebih efektif.

ada juga:

2. Bahan-bahan yang tepat untuk mencuci
Ketika membersihkan botol bayi, menggunakan bahan yang tepat sangat membantu. Pastikan memiliki:
  • Sikat pembersih botol yang membantu Anda membersihkan bagian dasar dan sisi botol, sikat karet dot yang membantu membersihkan dot yang rentan sebagai tempat berkumpulnya bakteri.
  • Cairan pencuci yang dirancang khusus untuk botol bayi Anda. Cairan ini sangat lembut dan tidak beracun, serta tidak akan meninggalkan sisa-sisa sabun pada botol.
  • Jika Anda menggunakan botol susu plastik, pastikan botol tersebut bebas dari Bisfenol-A, yaitu bahan kimia menyerupai estrogen yang dilarang penggunaannya oleh FDA (Federation and Drug Administration), yaitu badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, pada tahun 2012
3. Cuci bak dapur Anda dan isilah dengan air sabun panas.
Sebelum mencuci botol, membersihkan bak cuci yang akan Anda gunakan terlebih dahulu adalah ide yang bagus untuk menghilangkan bakteri atau bahan kimia yang potensial. Gunakan spons untuk menggosok bagian dasar dan samping bak cuci tersebut, dan sekitar lubang pembuangannya, serta gunakan air panas. Gunakan sedikit soda kue sebagai disinfektan alami, jika diperlukan. Setelah bak cuci tersebut bersih dan kering, isi dengan sabun pencuci piring dan dengan air panas (sepanas yang dapat ditahan dengan nyaman oleh tangan Anda).

4. Buka semua bagian botol dan cucilah masing-masing bagiannya secara terpisah.

Ketika mencuci botol bayi, melepas bagiannya dan mencuci masing-masing bagiannya—botol, cincin dot, dan karet dotnya secara terpisah adalah penting. Melepas bagian-bagian ini penting karena banyak susu lama yang terkumpul di cincin dot dan karet dot, yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri. Masukkan semua bagian botol ke dalam air sabun panas, dan cucilah secara terpisah. Gunakan sikat botol dan sikat karet dot untuk dot plastik dan cincin dotnya. Anda dapat membeli keranjang yang aman yang khusus untuk dimasukkan ke mesin pencuci piring di toko peralatan bayi, untuk meletakkan karet dot dan cincin dot.

Setelah mencuci botol dot bayi, kita juga harus tau bagaimana cara mensterilkannya, yakni:
Untuk mensterilisasi botol bayi, kita harus mengetahui berbagai cara untuk sterilisasi botol dan dot bayi.
Terdapat dua macam sterilisasi, yaitu cara manual dengan merebus dan menggunakan alat sterilisasi. Cara manualnya adalah masukkan botol, dot dan perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang telah dicuci bersih dalam panci berisi air. Usahakan agar perlengkapan bayi terendam air. Rebus perlengkapan bayi setidaknya 5 menit. Pastikan air panas tersebut tidak surut dan perlengkapan bayi tidak meleleh. Matikan pemanas dan biarkan suhu turun dengan sendirinya. Letakkan botol susu bayi pada tempat khusus dan tertutup. Dengan terus memperhatikan kesehatan si buah hati yaitu memilih botol susu dan dot bayi yang terbuat dari bahan-bahan yang aman tentunya akan memberikan kenyamanan ekstra bagi si buah hati.

Mudah bukan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan ya..

0 Response to "Cara Membersihkan Dot Bayi dengan Benar dan Steril "

Posting Komentar