Manfaat Baik Yogurt untuk Ibu Hamil

Portwarta - Yogurt itu makan yg difermentasikan dari susu, nah apasaja Manfaat Baik Yogurt untuk Ibu Hamil? sebelum ke point-nya baik kita ketahui lebih sedikit tantang apa itu yogurt?

Yogurt adalah makanan yang sangat lembut dan lezat seperti puding. Makanan ini dibuat dengan bantuan dari proses fermentasi dengan bahan susu yang mengandung bakteri alami. Yogurt biasa dikonsumsi sebagai camilan atau dicampur dengan buah. Yogurt dibuat dengan memakai bahan khusus yang didapatkan dari susu kemudian ditambahkan materi media bakteri sehingga bakteri menjadi aktif dan mendapatkan lingkungan yang sangat baik.
Ibu hamil yang meragukan yogurt sebagai makanan yang aman selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dan kemungkinan ada alkohol di dalamnya. 

Tapi pada dasarnya yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya adalah:

1. Sumber Kalsium
Yogurt adalah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap satu cup yogurt tanpa lemak ditemukan sekitar 256 mg kalsium. Kalsium menjadi salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Kekurangan kalsium bisa memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan gigi.

2. Meningkatkan Asupan Protein
Protein dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga dan yogurt mengandung protein yang cukup tinggi. Sepanjang kehamilan banyak ibu hamil yang mengeluh lemah dan tidak bertenaga. Hal ini bisa disebabkan karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk bayi dan tubuhnya sendiri. Asupan protein yang terdapat dalam yogurt akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

3. Sumber Probiotik
Banyak ibu hamil yang mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit. Yogurt mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu, probiotik juga membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat. Selain buah buahan untuk ibu hamil, konsumsi yogurt sepanjang kehamilan sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan

ada juga :

4. Mencegah Cacat Tabung Syaraf
Cacat tabung syaraf yang terjadi pada bayi disebabkan karena gizi ibu hamil khususnya asupan folat yang kurang saat masuk ke trimester pertama. Yogurt bisa menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 18 mcg folat. Manfaat yogurt untuk ibu hamil, menghindari kekurangan folat bisa meningkatkan masalah kesehatan syaraf dan motorik yang cukup serius pada bayi.

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D
Vitamin D dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap kalsium yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada bayi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah penyakit tulang dan jaringan yang sangat serius pada bayi. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 5 IU vitamin D. konsumsi yogurt setiap hari bisa membuat kesehatan ibu hamil dan janin menjadi lebih baik.

6. Menjaga Kesehatan Usus Ibu Hamil
Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang masalah kesehatan usus sepanjang kehamilan. Mengkonsumsi yogurt secara aktif dapat meningkatkan kesehatan usus sehingga menunjang penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman. Manfaat yogurt untuk ibu hamil akan mencegah dari berbagai masalah seperti sembelit dan gangguan usus. Yogurt mengandung zat asam dari bakteri baik yang bisa mencapai usus dalam waktu yang cepat.

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Masalah kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk ibu hamil. Tapi selama kehamilan mulai dari trimester pertama hingga ketiga maka ibu hamil biasanya menghadapi berbagai kondisi kesehatan yang berbeda. Masalah kesehatan badan menjadi hambatan yang cukup serius ketika ibu hamil tidak bisa melakukan aktivitas seperti hari biasa. Yogurt mengandung nutrisi dan sumber mineral, yang merupakan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Selain itu yogurt sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menjaga Keseimbangan Elektrolit
Yogurt menjadi salah satu sumber kalium yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Setiap 1 cup yogurt mengandung sekitar 398 mg kalium. Kandungan ini setara dengan jumlah kalium dalam pisang berukuran sedang. Kalium sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena berperan menjaga keseimbangan elektrolit. Selain itu kalium juga penting untuk menjaga denyut jantung dan kesehatan jantung.

demikian tentang yogurt yang bermanfaat bagi ibu hamil, semoga bermanfaat dan bisa di share ya..

0 Response to "Manfaat Baik Yogurt untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar