4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh saat Kita Tidur

Portwarta - Tidur dalam arti kita istirahat, adalah mengehntikan aktifitas yang menggerakkan anggota tubuh secara sadar. kenapa demikian? Karena memang kita saat tertidur itu tetap dapat bergerak. Pernahkan melihat atau bahkan mengalami tidur sambil jalan ataupun mengobrol sendiri (mengigau).

Namun apa saja yang sih yang terjadi saat kita tidur pada tubuh kita? seperti yang di lansir dari healthmeup, inilah beberapa tahapan yang terjadi dalam tubuh ketika anda tidur sebagai berikut:


1. Falling a sleep
Ini adalah tahap awal dari tidur dan merupakan masa transisi, biasanya berlangsung antara 5-10 menit pertama. Disini kita akan merasa seperti terjatuh dan lemas namun masih bisa dibangunkan.

ada juga:

2. Light Sleep
Tahap kedua berlangsung 20 menit selama tahapan ini mata anda tidak bergerak, penurunan denyut jantung dan suhu tubuh. Selain itu otot tubuh menjadi rileks sehingga anda siap untuk tidur nyenyak.

3. Deep Sleep
Pada tahap ini adalah tahapan tidur nyenyak. Saat ditahapan ini aktifitas otak anda melambat karena terjadi perpindahan darah dari otak ke tubuh untuk di regenerasi, jika dibangunkan pada tahap ini anda akan sulit tersadar.

4. REM Sleep
Jika sudah mencapai tahap ini, pernapasan anda menjadi ringan namun terjadi peningkatan denyut jantung, di tahap ini anda akan mulai bermimpi. 

Selain tahapan tersebut ada 2 jenis proses tidur yang terjadi, yakni:
a. REM ( Rapid Eye movement Sleep)
Dalam proses ini terjadi perbaikan tulang, otot, jaringan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
b. Non REM Sleep
Disini terjadi perbaikan otak dan peningkatan memori.

0 Response to "4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh saat Kita Tidur "

Posting Komentar