Jitu Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email agar Lolos Seleksi

Portwarta - Era serba canggih dan digital ini memang memudahkan kita untuk melakukan pengiriman data maupun informasi secara cepat. Salah satunya hal melamar kerja kini sering melalui online bahkan juga lamaran kerja via email. Lamaran kerja via email ini cukup efektif dari segi biaya dan mendukung go green, namun karena banyak sekali pesaing juga yang melakukan lamaran kerja via email / melalui email ini anda harus mempunyai cara yang jitu dalam mengenai format lamarannya.

Mengenai format lamaran yang benar untuk lamaran kerja via email ini memang tidak ada format baku, namun format yang akan dipaparkan berikut ini adalah cara jitu dari penulis yang telah survei dan melakukan sendiri untuk di share ke kalian yang butuh pekerjaan terutama dan melakukan lamaran kerja via email, baik langsung aja ya simak trik jitu melakukan dan mengirim lamaran kerja via email agar lolos seleksi berkas dengan cepat.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email agar Lolos Seleksi Berkas:

1. Surat Lamaran yang Interaktif
Maksud dari surat lamaran yang interaktif ini adalah penulisan surat lamaran tersebut haruslah sesuai dengan yang dituju dan menjelaskan data pribadi kita secara singkat dan jelas.

2. Berkas Scan jelas dan Resolusi Rendah

Siapkan berkas yang anda miliki dan sesuai permintaan perusahaan yang anda tuju dengan resolusi rendah namun dapat di baca secara jelas, seperti CV untuk membuat cv bisa baca di Cara untuk membuat cv/curriculum vitae, KTP, Pasphoto, Ijazah, dll.

3. Jadikan Satu Folder
Susun semua berkas-berkas lamaran dalam satu folder agar tidak berceceran.

4. Nama Folder yang Jelas dan Lengkap
Berikan nama folder secara lengkap dari posisi lamaran bila menggunakan kode, berikan kode tersebut lalu perusahaan yang dituju, dan nama jelas pelamar dengan pemisah yang tepat. Seperti "posisi lamaran/ Kode Posisi_perusahaan_nama pelamar"
contoh nama folder lamaran kerja via email : "Administrasi_PT.Portwarta_Febrina Aulia Rizal" atau "ADM01_PT.Portwarta_Febrina Aulia Rizal".

5. Jadikan Folder menjadi file .ZIP/.RAR
Untuk mengirim lamaran kerja via email agar terlihat rapi dan baik, gunakan teknik kompres folder dengan .ZIP/.RAR. Caranya anda haru menginstal aplikasi .ZIP/.RAR cukup banyak kok di google.

6. Mengirim Email

Buka akun email anda dan tujukan ke email perusahaan, serta untuk penulisan subjek email dapat disamakan dengan nama folder yang telah di ZIP/RAR seperti diatas. contoh:  "Administrasi_PT.Portwarta_Febrina Aulia Rizal" atau "ADM01_PT.Portwarta_Febrina Aulia Rizal". Dan lampirkan file ZIP/RAR yang telah disiapkan.

7. Beri Tulisan pada Email | PENTING

Membubuhkan tulisan atau keterangan pada email ini adalah cara yang mungkin sering terabaikan oleh kita, padahal inilah yang paling penting agar si penerima lamaran kita dapat cepat mengetahui apa sih isi dan tujuan dari email kita.
Permasalahan apa yang akan ditulis pada email tersebut memang tidak ada format bakunya, namun sebagian besar sama seperti dalam surat lamaran hanya saja harus lebih menjelaskan tentang kita dan jelas, untuk itu bisa anda ikuti cara dari penulis untuk penulisan dalam email, yakni:
----------------------------------
Kepada Yth,
Pimpinan/HRD ...<instansi/perusahaan>..
Di Tempat

Dengan hormat,
Saya ..<nama>.. lulusan ..<sekolah>.. dengan IPK ..<bila lulusan PT>.. dan memiliki sertifikat terkait ..<bila ada>..

Mengajukan lamaran kerja sebagai ..<posisi dan kode posisi>.., pada perusahaan ini. Dengan melampirkan berkas antara lain:
1.
2.
3.
(1-3 diatas diisi berkas apa saja yang dilampirkan)

Semoga dapat menjadi pertimbangan bapak Pimpinan/HRD, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

ttd
<nama jelas>
---------------------------------

Cukup jelas kan, semoga bisa dapat diterapkan dan saya doakan agar cepat mendapat pekerjaan ya, untuk persiapan saat panggilan interview bisa baca baca ini Persiapan menghadapi wawancara kerja dan Tips berpakaian saat wawancara/interview kerja.


keyword
: cara mengirim lamaran, lamaran kerja via mail, mengirim lamaran, lamaran kerja, wawancara, intervie, CV, surat lamaran

1 Response to "Jitu Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email agar Lolos Seleksi"

  1. penjelasannya cukup komplit :) membantu untuk mengetahui detail2 mengirim lamaran via email :)

    BalasHapus