Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Ambon

Portwarta-Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Ambon. Pasti sudah tau kan apa itu pisang ambon, pisang ambon itu berwarna hijau dan besar, bisa juga disebut pisang ijo. Nah kenapa sih pisang ambon / pisang ijo warnanya ijo, apasih kandungan gizi yg terdapat didalamnya?, dan apa saja manfaat pisang ambon tersebut, silahkan simakreview berikut.


Kandungan gizi nutrisi pisang ambon dalam 100 gram di antaranya:

Kalori 99 kkal, protein 1.2 gr, lemak 0.2 gr, karbohidrat 26 gr, kalsium 8 mg, zat besi 5 mg, fosfor 28 mg, vitamin A 146 SI, vitamin B1 0.08 mg, vitamin C 3 mg, air 72 gr.

Dan Berikut Manfaat Pisang Ambon:

1. Sebagai Sumber Energi
Kandungan nutrisi pisang ambon diantaranya adalah kalori sebesar 99 kkal/ 100 gramnya. Hal ini dapat membantu menyumbangkan tambahan kalori yang dibutuhkan tubuh dalam melakukan proses metabolisme. Meskipun tidak terlalu besar, namun kalori dalam pisang ambon bisa dijadikan makanan alternatif membuat perut kita terasa kenyang saat kita kelaparan.

2. Menjaga daya ingat

Kandungan vitamin B dalam pisang ambon cukup tinggi, sehingga mampu membantu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal ini nantinya dapat mendorong seseorang untuk berkonsentrasi lebih lama.

ada juga:
3. Mengobati anemia
Anemia merupakan sejenis penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya merasa lemas dan lesu. Hal tersebut dikarenakan jumlah sel darah merah dalam tubuhnya  di bawah normal. Manfaat zat besi atau Fe dalam pisang ambon yang cukup tinggi sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan anemia, yaitu dengan jalan meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

4. Kandungan Asam Folat
Para ahli gizi sering menyarankan bagi para wanita hamil untuk mengkonsumsi pisang. Hal ini dikarenakan adanya salah satu kandungan nutrisi dari manfaat pisang ambon yaitu asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui rahim, yang berguna untuk membantu perkembangan otak dam sumsum tulang belakang janin. Saat seorang wanita hamil kekurangan asam folat, hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

5. Mengurangi gangguan usus
Bagi orang-orang yang memiliki gangguan organ usus dan perut, kandungan dalam manfaat pisang ambon dipercaya memiliki efek penyembuhan yang baik bagi kedua penyakit tersebut. Caranya cukup mudah dan sederhana, hanya dengan mengkonsumsi jus buah pisang ambon yang telah dicampur dengan manfaat susu secara rutin setiap hari. Pisang ambon dan beberapa jenis pisang lainnya dikenal untuk menetralkan asam di lambung sehingga sangat baik untuk menenangkan perut.

6. Menurunkan Resiko Diabetes
Selain beberapa manfaat pisang ambon yang disebutkan di atas, ternyata buah yang memiliki rasa manis ini juga berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena adanya kandungan gula yang cukup sederhana dalam pisang ambon  yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah penderita diabetes.

7. Mengobati gangguan liver
Untuk pasien dengan gangguan fungsi hati atau liver sangat dianjurkan mengkonsumsi 2 buah pisang ambon yang telah dicampur dengan 1 sendok makan manfaat madu secara rutin setiap hari. Hal ini dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan serta untuk meningkatkan stamina bagi seseorang yang sedang menderita gangguan liver.

8. Menurunkan berat badan
Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi pisang ambon sangat baik untuk membantu program tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat kompleks dalam pisang ambon tidak berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa dalam darah secara drastis. Pisang ambon juga terkenal rendah lemak, sehingga aman untuk mendukung program diet. Serat yang terdapat pada pisang ambon juga berpengaruh pada penurunan berat badan serta mempercepat proses metabolisme tubuh.

9. Membantu pengobatan hipertensi
Bagi seorang penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsi manfaat pisang termasuk pisang ambon. Dalam buah ini mengandung senyawa kalium yang penting untuk membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, menjadikan tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Kandungan serat dalam pisang ambon juga berfungsi untuk mengikat lemak pada pembuluh darah.

10. Melancarkan sistem pencernaan
Gangguan sistem pencernaan dalam tubuh manusia bisa diakibatkan karena kesalahan dalam pola diet dan menu makanan yang kita konsumsi. Pisang ambon sangat kaya akan produk serat yang dapat membantu pencernaan. Selain itu manfaat vitamin B yaitu vitamin B-6 nya mampu menangkal diare. Pisang ambon juga memiliki sifat antacid serta mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan gangguan asam lambung.

11. Mencegah serangan jantung
Serangan jantung bisa terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah karena berkurangnya aliran oksigen ke jantung akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Kandungan kalium dalam manfaat pisang ambon dapat berperan sebagai tonik yang baik untuk jantung. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena berkaitan dengan zat antibodi dalam tubuh, maka setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh (sistem imun) yang berbeda-beda. Kandungan manfaat vitamin A, B-6, serta vitamin C yang terdapat pada pisang ambon dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai infeksi dan virus.

13. Menjaga kesehatan mata
Pisang ambon banyak memiliki kandungan vitamin A ada pisang ambon yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Cara meningkatkan kinerja bagian retina sebagai penerima cahaya maupun bayangan dari objek yang sedang kita lihat.

berikut tentang kandungan gizi dan manfaat pisang ambon, semoga bermanfaat ya..

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Ambon"

Posting Komentar